Step by step

on

Buat pasangan yang mau persiapin nikah, pasti suka bingung harus mulai dari mana dulu ya?  Pilih vendor apa dulu?

Kalau dari yang gue baca-baca sih ada dua tipe capeng. Pertama, ada yang milih tempat dulu, kedua ada yang pilih catering dulu. Kalo gue sama falah sepakat cari venue dulu. Sebelum milih tempat sebenernya kita sempet tuker pikiran dulu mau gimana konsep nikahannya? Indoor atau outdoor? Nah, karena falah punya dream wedding nikahan outdoor yang intimate gitu, gue sebagai pacar yang baik berusaha buat mewujudkannya. Hahaha. Sebenernya kalo dipikir-pikir gue suka aneh sama diri gue sendiri, biasanya cewe yang punya dream wedding, bahkan udah punya bayangan gaun nikahnya mau kaya apa, ko gue ngga ada ya? Gue cuma bayangin kalo nikah nanti ga usah yang mewah-mewah dan ngabisin banyak uang, yang sederhana aja.

Setelah diputuskan maunya nikahan semi outdoor, kita mulai cari-cari venue semi outdoor di jakarta, lalu disepakatilah venuenya di rumah sarwono pasar minggu. Setelah deal dan dp tempat, baru deh mulai cari catering yang rekanan (kalo ngga rekanan kena charge 25% soalnya). Setelah liat list rekanannya rumah sarwono, kita mutusin buat cobain puspita sawargi karena selain itu yang paling pas dikantong juga karena udah banyak reviewnya jadi kayaknya aman aja (mudah-mudahan). Sebenernya puspita sawargi itu bisa ambil paketan all in, tapi karena dekornya PS ga kaya yang gue mau (mereka bagusnya buat indoor menurut gue) jadi gue yang banyak mau ini milih buat vendornya lepasan aja ga usah paket. Nikahnya masih lama ini, jadi masih bisa pilih-pilih vendor..

Menurut gue yang penting di nikahan itu adalah :

1. Venue

2. Catering

3. Dokumentasi (khususnya foto)

4. Dekor

5. Makeup dan baju pengantin

Jadi setelah venue dan catering udah dapet, kita cari dokumentasi, dekor, makeup sama baju pengantin deh. Nyarinya liat review-review di blog wedding atau forum diskusi gitu, di list 3-5 kandidat baru deh di seleksi lagi yang paling sreg dihati dan kantong 😉

Oiya lupa, yang penting banget dan harus dibikin sebelum nentuin vendor-vendor adalah bikin budgeting kasar, berapa uang maksimal yang harus dikeluarin untuk masing-masing vendor biar ngga over budget. Yahh kalaupun over, paling ngga over budgetnya di teken biar ga sampe parah-parah banget.haha.

Kemudian selain itu kita (tepatnya gue) juga mulai nyari-nyari refrensi dekor sama printilan-printilan yang sesuai sama temanya. Awalnya gue mau temanya javanese vintage gitu karena tempatnya jawa banget, tapi krn kita bajunya mau jas + gaun kayanya lebih masuk temanya vintage rustic.. mulai deh gue kumpulin revrensi dekor, pallete warna, bunga-bungaan, gaun, jas, model seragam keluarga inti, model seragam temen-temen dan lainnya dari pinterest.

Pas akhir tahun kemaren, temen kantornya falah yang namanya gita nikahan di plataran darmawangsa, pas gue sama falah kondangan gue langsung mikir: wahh ko mirip sama yang gue bayangin nih nikahannya.. simple, elegant, mingle, ga terlalu banyak undangannya, dekornya juga ga heboh tapi tetep cantik, akadnya pake baju jawa + resepsi pake jas dan gaun, tone warna fotonya, dan gaunnya baguuusss banget. Bedanya cuma di nasib sih kayanya haha, gue sama falah versi iritnya 😜

Ini foto nikahan gita-danda yang gue ambil dari instagramnya: gitsygits

(Pinjem fotonya ya git..)

Sejak dari itulah gue kalo nanya-nanya pendapat tentang nikahan selain ke kakak gue, juga ke gita.. semacam penasehatnya gitu haha. Makasih banyak gita udah banyak bantu dan direpotin 💕💕

Ps: maaf ya gita kalo ngerasa dicopy nikahannya, tapiii bukan gitu maksud kita hihi. Mirip aja sama yang ada dibayangan gue jadinya nikahan kalian dijadiin inspirasi deh 😆

 

Leave a Reply

